My Friends

Monday, October 03, 2016

VISIT INDONESIA - SENDRATARI RAMAYANA (RAMAYANA BALLET)


Hei guys, para pecinta budaya Indonesia. Kali ini saya akan mengulas singkat mengenai salah satu pertunjukan yang menggabungkan antara seni Tari dan Drama tanpa dialog yang mengangkat mengenai cerita Ramayana, yang dipentaskan di dekat candi Prambanan, Jogyakarta, Indonesia. Pertunjukan tersebut terkenal dengan nama Sendratari Ramayana. Berhubung pentasnya dekat dengan candi Prambanan, jadi, sering disebut dengan Sendratari Ramayana Prambanan.
Sendratari Ramayana sendiri, mengangkat cerita tentang perjalanan "Rama" dalam menyelamatkan istrinya "Sita" yang diculik oleh raja Negara Alengka, yang bernama "Rahwana".


Dalam pertunjukan tersebut, kita akan disuguhkan seni Tari yang gerakannya menyesuaikan dengan jalan cerita diiringi dengan alunan musik gamelan dan efek cahaya yang keren deh pokoknya. Penjelasan mengenai jalan cerita biasanya ditampilkan dilayar dibagian kanan/kiri panggung dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Maklum, selain orang Indonesia, ternyata banyak dari wisatawan mancanegara yang nonton lho. Pada saat saya menyaksikan pertunjukan ternyata banyak dari wisatawan mancanegara tersebut yang masih usia sekolah. Jadi mereka istilahnya Study Tour ke Indonesia, untuk menyaksikan budaya Indonesia. Mereka "rela" bayar mahal ke Indonesia, untuk menyaksikan budaya Indonesia. Nah, harusnya kita sebagai pemilik dari budaya Indonesia, mesti berbangga, karena ternyata budaya kita disukai oleh wisatawan mancanegara, bahkan dunia.


Nah guys, daripada kalian semua penasaran, mending coba deh menyaksikan dengan mata kepala kalian sendiri salah satu warisan budaya Indonesia yang terkenal sampai keluar negeri ini.
Kalo bukan kita yang mencintai budaya Indonesia, siapa lagi, jangan sampai kita kalah ama orang-orang bule.

Ok guys..tunggu ulasan berikutnya ya, mengenai Indonesia kita tercinta ini.

14 comments: