My Friends

Friday, October 14, 2016

INDONESIAN FOOD - SOTO BANJAR MAKANAN KHAS SOUTH BORNEO

Dangsanak, kita tetamu pulang, sapaan dalam bahasa Banjar, yang artinya dalam bahasa Indonesia "Saudara, kita bertemu lagi".
Soto Banjar
Nah, sekarang kita akan mengupas mengenai salah satu Indonesian Food, yaitu makanan khas dari South Borneo yang sudah terkenal seantora nusantara. Soto Banjar, itulah nama makanan tersebut. Walaupun merupakan makanan khas dari daerah Kalimantan Selatan, ternyata soto banjar juga bisa ditemui di daerah lain.

Ingredient utama dari Soto Banjar adalah, irisan ketupat, telur ayam/itik, irisan ayam, dan kuah soto yang gurih. Selain bahan utama tersebut di atas, bisa juga ditambahkan limau kuit atau jeruk nipis tergantung selera lidah masing-masing agar rasanya lebih gurih.

Soto Banjar di Depot Soto Bang Amat
Di Banjarmasin sendiri, yang merupakan ibukota propinsi Kalimantan Selatan, banyak sekali terdapat warung atau tempat makan yang menyediakan makanan Soto Banjar.
Salah satu yang terkenal di sini adalah Depot Soto Bang Amat. Depot Soto ini buka 6 hari dalam seminggu, kecuali hari Jum'at. 
Hampir setiap hari, Depot Soto ini ramai dikunjungi oleh warga Banjarmasin, maupun tamu dari luar daerah yang ingin mencicipi Soto Banjar yang gurih.
Pada akhir pekan, Depot Soto ini selalu ramai, sehingga banyak pengunjung yang harus mengantri untuk menikmati makanan yang dijual.

Suasana Depot Soto Bang Amat di Akhir Pekan
Suasana dari Depot Soto Bang Amat sendiri, memang bernuansa Banjarmasin kota seribu sungai, karena bangunannya berdiri di atas sungai, jadi, selain menikmati Soto Banjar, pengunjung juga bisa melihat pemandangan sungai Martapura.
Apabila pengunjung ingin suasana berbeda dalam menikmati Soto Banjar, pengunjung juga bisa menikmatinya di atas kapal perahu motor "kelotok" yang parkir di sungai belakang bangunan Depot Soto Bang Amat.
Parkiran Kelotok
Di Depot Soto Bang Amat pada akhir pekan, telinga pengunjung juga akan dimanjakan dengan alunan suara Musik Panting yang merupakan alat musik traditional Banjarmasin.
Para pemain musik menggunakan pakaian adat atau tradisional Kalimantan Selatan, dan menyanyikan lagu daerah, maupun lagu-lagu pop yang di aransemen menggunakan alat musik Panting.



Nah, daripada kalian semua penasaran, kalo berkunjung ke Banjarmasin jangan lupa makan Soto Banjar yang merupakan makanan khas dari sini.

Baiklah, sampai ketemu lagi dalam celotehan berikutnya. Sehat Selalu ya Guys !!

6 comments: