My Friends

Thursday, October 13, 2016

EXPLORE BORNEO - DANAU SERAN BANJARBARU CITY



Hii,,para petualang, kali ini kita akan explore salah satu objek wisata yang lagi happening di South Borneo yaitu Danau Seran. Danau Seran ini terletak di Kelurahan Guntung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru. Sekitar 15 Menit perjalanan dari Bandara Syamsuddin Noor, Banjarbaru, dekat kan guys. Perjalanan menuju ke lokasi wisata juga lancar kok, ditunjang dengan jalanan yang bagus.

Berdasarkan informasi dari warga setempat, Danau Seran, tidak terbentuk secara alami, melainkan dari bekas galian perusahaan tambang yang tidak direklamasi, kemudian terisi air secara alami dan membentuk sebuah danau. Danau ini cukup luas dengan air jernih, dan saat terkena cahaya matahari, air danau akan terlihat berwarna hijau cantik.

Danau Seran biasanya ramai dikunjungi pada saat akhir pekan. Kebanyakan pengunjung didominasi oleh kawula muda, yang ingin mengabadikan keindahan dari danau ini. Untuk para wisatawan yang ingin berkunjung tidak perlu worry kelaparan karena di sekitar danau terdapat para penjual makanan.

Di tengah danau terdapat sebuah pulau kecil tempat wisatawan bisa bersantai di bawah naungan pohon akasia, yang tinggi menjulang. Transportasi untuk menuju ke pulau di tengah danau, warga sekitar menyediakan perahu kelotok dengan tarif Rp.5.000/orang untuk antar jemput wisatawan. Perjalanan menuju ke pulau juga terbilang sebentar, tidak sampai 5 menit. Namun, berhubung akhir pekan banyak pengunjung jadi terkadang kita harus ngantri dulu, karena armada yang disediakan terbatas.

Di pulau kecil itu, terdapat ayunan gantung, yang diikat di antara batang pohon, yang sengaja disediakan untuk tempat pengunjung bersantai. Ada juga pengunjung yang menggelar tikar di bawah teduhnya pepohonan di pulau itu untuk sekedar menikmati pemandangan danau. Banyak pula anak muda yang sibuk berfoto-foto di area pulau kecil ini.

Di salah satu sudut pulau, ada tempat menyewakan perahu dayung dan sepeda air untuk wisatawan menikmati suasana di tengah danau. Tarif sewanya pun tergolong murah, dengan biaya Rp.20.000 untuk waktu sewa selama 20 menit. Dari atas perahu dayung dan sepeda air kita bisa melihat jernihnya air danau, bahkan sampai ke dasar danau. 


Oke guys, kayaknya kalian harus mencoba berkunjung ke Danau Seran, untuk menyaksikan sendiri keindahan danau tersebut. Keep Clean ya Guys !!

5 comments: